Tuesday 18 June 2013

Komunikasi Dalam Organisasi


Pengertian Komunikasi
Asal kata komunikasi dalam latin, disebut communis atau common.  Berkomunikasi betujuan untuk mencari kesamaan makna. Komunikasi diperlukan oleh manusia dalam kehidupannya. Rgng lain yang ada di sekitar nya dibutuhkan komunikasi yang baik agar tercipta interaksi yang baik.

Ini merupakan hakekat manusia sebagai makluk social yang sangat memerlukan komunikasi untuk interaksi antar manusia. Misalnya saja bertetangga, diperlukan komunikasi yang baik sehingga terjadi kelangsungan hidup bertetangga yang baik.

Perngertian Organisasi
Organisasi merupakan wadah atau tempat dimana orang –orang berkumpul bekerjaama secara rasonal dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dalam memanfaatkan sumberdaa sarana prasarana yang dgunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi juga dapat diartikan sebagai kesatuan social yang dikoordinasi secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi yang bekerja atas dasr yang realtif terus menerus untuk mencaai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


PROSES KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Proses Komunikasi:
Arus pesan yang terjadi dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain (the flow of messages within a network of interdependenrelationship). Pesan dibuat dan di pertukarkan sebagai respon terhadap tujuan, kebijakan, dan tujuan spesifik organisasi.


Sumber:
http://irma-mintuna.blogspot.com/2013/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html
http://weus.net/pengertian-organisasi-dan-pengetahuan-berorganisasi/3453/


No comments:

Post a Comment